Kamis, 24 Maret 2011

Mana Yang Lebih Penting??

Dear, sahabat semua…

Hmm..sa pingin berbagi "tips-tips" ringan yang (mungkin) kerap menjadi masalah bagi kita dalam aplikasinya, semoga bermanfaat untuk Qta semua...

Well, teman-teman, setiap orang pasti tahu apa saja yang harus diprioritaskan dalam hidup, Right??

Namun pada kenyataannya, terkadang menentukan prioritas tak semudah apa yang dibayangkan. Apalagi dalam menentukan prioritas keuangan. Nah, berikut teman-teman bisa mencoba beberapa langkah untuk mempermudah teman-teman dalam menetukan prioritas.



1. Tentukan Satu Tujuan

Setiap keinginan dari setiap manusia di dunia tidak akan tercapai semuanya. Oleh karena itu, teman-teman harus bersikap realistis dan jangan terlalu banyak berharap tanpa berusaha.

Pikirkan, tujuan mana yang harus teman-teman dahulukan, dan mengapa tujuan tersebut menjadi sangat penting bagi teman-teman. Setelah itu, teman-teman hanya tinggal berusaha mewujudkannya.



2. Focus pada Tujuan Utama

Agar teman-teman lebih mudah mencapai keinginan, maka teman-teman harus terus berusaha mewujudkannya. Utamakan kebutuhan teman-teman, dan jangan tergoda untuk menuruti keinginan yang justru akan merugikan teman-teman.



3. Siap Mengatasi Konflik

Tujuan yang teman-teman harapkan mungkin saja bertentangan dengan kebutuhan dan keadaan. Jika merasa bingung karena tidak tahu mana yang harus didahulukan, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri : "Apakah salah satu dari tujuan tersebut akan memberikan keuntungan bagi satu orang saja, atau dapat menguntungkan banyak pihak?" Tujuan mana yang akan lebih banyak mendatangkan masalah jika teman-teman memaksakan diri mencapainya?"



4. Sediakan Waktu

Waktu dan kesempatan merupakan sahabat yang teman-teman butuhkan dalam berusaha untuk mewujudkan harapan. Uang yang teman-teman tabung, atau diinvestasikan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Semakin cepat dimulai, semakin banyak keuntungan yang bisa teman-teman peroleh.



5. Teliti dan Cermat dalam Memilih

Saat menyusun daftar tujuan financial yang ingin teman-teman capai, teman-teman harus mendahulukan pilihan yang memungkinkan teman-teman untuk merasa lebih aman, bahagia, dan puas secara financial.

6. Libatkan Keluarga

Jika teman-teman sudah menikah, pastikan suami dapat bekerjasama dengan teman-teman dalam mencapai tujuan financial bersama. Tidak ada salahnya melibatkan anak-anak juga.


7. Mulai Sekarang Juga

Semakin lama teman-teman menunggu dalam menentukan tujuan, atau berusaha mewujudkan tujuan tersebut, semakin besar kesulitan yang harus teman-teman atasi. Jadi, jangan pernah berkata, "Besok saja." Katakan, "Sekarang!"



8. Pikirkan Target Jangka Panjang

Setelah berhasil menentuka prioritas, atau tujuan utama yang ingin teman-teman capai, teman-teman harus bisa mengatur kebiasaan teman-teman dalam mengeluarkan uang. Sebelum mengeluarkan uang, tanyakan pada diri sendiri, "Apakah uang yang saya belanjakan kali ini dapat membantu saya mencapai tujuan keuangan saya, atau justru mempersulit saya dalam berusaha mewujudkannya?"



9. Jangan Mempermasalahkan Hal-Hal Sepele

Meskipun langkah-langkah ini ditujukan untuk membantu teman-teman agar lebih terfocus dalam memikirkan target jangka panjang, tapi kebutuhan yang harus teman-teman penuhi juga tidak boleh teman-teman lupakan. Jadi, jangan pernah merasa bersalah jika teman-teman memang harus mengeluarkan uang untuk makan, menjaga kesehatan, dan kebahagiaan teman-teman.



10. Bersiap Menghadapi Perubahan

Kebutuhan dan Keinginan teman-teman akan terus mengalami perubahan, bersama dengan semakin bertambahnya usia teman-teman. Apa yang teman-teman butuhkan dan inginkan di masa lalu, tentunya berbeda dengan apa yang teman-teman butuhkan dan inginkan sekarang, Right?

Itulah sebabnya mengapa minimal 5 tahun sekali teman-teman harus kembali meninjau kembali prioritas teman-teman selama ini. Jika prioritas teman-teman masih tetap sama, teruslah berusaha untuk mewujudkannya, tapi jika berbeda, maka teman-teman perlu menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan teman-teman.



Selamat Mencoba…^_^

Tidak ada komentar: