Selasa, 01 Maret 2011

Bab tentang Bunda..

Bunda itu wanita luar biasa bagiku, bagi ayah..suaminya, bagi kami anak-anaknya,bagi nenek kakek orang tua dan mertua beliau, dan Insya Allah bagi lingkungan sekitarnya, dimanapun kami pernah tinggal.

Aku yakin semua wanita bergelar ibu adalah wanita luar biasa. ibu..hmm..panggilan paling indah bagi seorang perempuan. Ibuku benar satunya. Dan sekarang, aku ingin menceritakan tentang beliau..really miss her..

Ibundaku..bisa menyelesaikan banyak hal dan mengajarkan banyak hal..yaa, walau kadang sering “cerewet” juga..wajarlah ibu2..=D

Aku belum terlalu lama tinggal satu atap dengan beliau lagi, karena sejak kecil uda merantau..^_^

Tapi, semua kebiasaan beliau tak pernah terlupa dan selalu dirindukan.

Meski jauh, meski ketemu hanya tiap liburan, meski kadang yang dirindukan malah omelan beliau..=D

Bundaku itu perhatian sekali. Beliau mengetahui dengan pasti setiap detail apapun tentangku. Segala kebutuhanku, bahkan sampai saat ini, ketika usiaku sudah beranjak tua…(halah). Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi.

Kerap kali setiap aku mencari sesuatu meski itu barangku sendiri, lebih sering bertanya dengan bunda..
“nda, liat ini ga?”
“nda, itu kemana ya?”
“nda, sa lupa ini ngeletakinnya dmana, uda sebulan ga keliatan”
Dll..

Dari sebuah buku sampai selembar kertas..(__!)

Nah, kalau diriku tanyanya pas lagi ada tamu dirumah,bunda suka beberin ke tamunya..
“biasa pelupa..” (--“)

Atau panjangnya menjadi,
“biasa dia memang Tanya kalau barangnya ada yang hilang atau lupa letak dimana, ada aja setiap hari, dia tuh suka sembarangan, bukannya letak disatu tempat, ini satu di sana, satu disini, kalau ga pelupa gpp..ini pelupanya itu suka ngerepotin, mana kalau uda hilang dan nyari2 dia suka heboh dan menghebohkan orang lain, seolah-olah barang penting kali, tau-tau yang hilang, pin lah, tali Hp lah, buku lah..kertas daftar belanja sampai bill belanjaannyalah, dompetlah..kirain uangnya banyak kali yang ada di dompet itu, rupanya Cuma karena di dompet itu ada uang seribu mau dipakai buat beli pulsa kurang seribu, apa ga gemes coba, kita lagi sibuk2 masak sampai ikut cari dompetnya..”

Terus, bunda tuh perhatian bgt..Ketika mau pergi, misalkan ada satu helai saja benang pd pakaianku,beliau pasti menahan dan menggunting benang tersebut sebelum melepaskanku beranjak keluar rumah. Begitupun pakaian yang tidak matching, suka dikomentari..”ga cocok, ganti aja jilbabnya, atau roknya..mendzolimi pandangan orang lain lihatnya pusing warna-warni gitu..pakai yang warna itu aja,khan ada di lemari”. Dan aku? Yang kadang terburu2,harus kembali ke kamar menyalin sesuai saran beliau dengan terburu-buru pula..atau, “jilbabnya miring itu dibelakangnya” yaa..begitulah..

Bundaku itu seakan hafal semua isi lemariku. Jika ada pakaianku yang hilang beliau yang paling menyadarinya. Padahal bukan hilang,kadang diriku saja yang memang suka lupa bawa pulang kalau pas nginap di rumah saudara atau keluar kota..”rok yang warna ini kemana ya? pasti lupa bawa pulang lagi ya?” Tanya beliau.

Masih perkara pakaian, masalah mencuci, menjemur dan menyetrika saja..haduuuuh..kadang sebel juga, terus bunda tuh suka bilang “makanya kalau lagi kerja diperhatikan” =D

Okey, mulai dari mencuci..

Pakaian putih dan berwarna kudu dipisah..(jelas)

Takaran detergennya segini..direndam dulu..terus begini..begini..begini..panjaaaaang…kalaupun mau dimasukkin ke mesin cuci kudu disikat dulu (apa gunanya mesin cuci.. (__?) ), dsb..dst..dll..

Kalau jemur baju?
Jangan harap bisa asal-asalan..semua ada “adab jemur-menjemur”

Pakaian yang begiini jemurnya disini, kalau pakaian yang ini di sebelah sini..susunannya begini, karena nnti jam skian mataharinya di kearah sini,jam segini teriknya di sebelah sini, kalau pakaian begini di jemur sebelah sini warnanya bisa cepat pudar.. dst…dst..dst..kalau liat susunan jemurannya rapi bgt..


Dan setelah aku perhatikan tiap jam-jam tersebut, memang benar arah terik mataharinya seperti yang disampaikan bunda.

Menyetrika?
Weleh, ayahku itu sampai sekarang pakaiannya hanya mau dikelola oleh bunda..bagi ayah, hanya bundalah yang bisa menyetrika pakaian beliau..=D

Bunda itu kalau menyetrika,sampai ke sela-sela kancing pakaian, sampai resleting, bahkan jikapun dilipat buat disusun di lemari, ketika dibuka lipatannya ga keliatan, rapi sekali,seperti semua pakaian digantung. Yayaya..cara menyusun pakaian di lemaripun ada aturannya. Begitupun mengambil pakaian, ga boleh asal narik..jadi pakaian yang susunannya di atas atau dibawahnya tetap rapi.

Dan bakat bunda ini sering sekali mendapat pujian dari kerabat..

Contohnya, tanteku itu jika nasehati pembokatnya, pasti yang jadi contohnya Bunda..
“mami-nya si sarah itu,kalau nyuci dan nyetrika paling bersih paling rapi, baju anak-anaknya uda berapa puluh tahun masih putih masih awet sampai sekarang masih bisa dipakai lagi dengan anak-anak cicinya..”

Atau waktu sekolah dulu nenek ketika negur diriku,
“mami lu kalau nyetrika rapi, lu belajarlah dengan mami lu..”

Sampai kain lap aja..bersih dan rapi, jika ada pakaian bekas yang tidak dipakai lagi dan hendak dibuat kain lap dapur, pasti dipermak dulu..dipotong yang rapi,di jahit..kata Bunda..”walaupun kain lap dapur, tetap harus rapi, kalau dijemurpun bagus keliatannya” (rasanya ingin tertawa..siapa juga yang mau memperhatikan jemuran kain lap rumah orang, ndaa..^_^)

Memasak..
Alhamdulillah bundaku itu termasuk koki yang handal..diakui oleh mertua bunda dan mertua-mertua tante-tante diriku baik dari pihak ayah atau bunda, para ipar tante-tante, keluarga besar, para tetangga dimanapun kami berada, relasi kerja ayah, pekerja-pekerja ayah, dan teman-teman kami, para teman anak-anak dan menantu beliau.

Mau masak masakan rumah, ala aceh, jawa, nasional..

masakan chinesse, hayuuk..

Mau buat cake, bolu, kue basah jajanan pasar, hayuuuk..

Mau buat kue kering buat lebaran, hayuuuuk…

Dan cerewetnya ketika masak juga hayuuk…=D

Jangankan buat kue ya..masak biasa aja rasanya lebih njelimet jika duet dengan bunda..

Perkara potong-memotong sayur kudu ada aturannya, kudu rapi..
“ya ampun,nda..nnti dimasak juga ga diperhatikan lagi ini..”
“anak perempuan itu kalau kerja yang rapi, kalau bentuknya bagus khan lebih selera buat dinikmati”

Dari ukuran motong tempe yang berbeda-beda untuk masakan yang berlainan, sampai potongan wortel, kentang, dll..(--“)

Satu lagi, aku tuh paling males metikin ujung tauge itu, kribo rasanya jari-jari ini…tapi, dengan Bunda tuh wajib dipetikin, biar bersih keliatannya, geli makan taugenya ga dipetikin gitu.. okey2..daripada berdosa, indahnya nurut saja,,=D

Cara ngaduk masakan, cara menggoreng, cara ngatur posisi makanan dikukusan, sampai CARA NGELETAKIN SENDOK PENGGORENGAN. Posisinya kudu benar.

Waktu menyalin masakan dari wajan ke piring atau waktu mengambil lauk untuk makan dari piringnya jangan “kececeran”, biasa bunda mengelap ujung piringnya dengan tissue kalau “kececeran”.

Kalau buat kue lebaran, cacat setitik aja bentuknya pasti disuruh cetak ulang..=D
Kalau Cuma 1-2 resep sih ga masalah,lha ini? Kadang orderan pesanan kue lebaran bisa sampai 30 kg-an/1 jenis kue..bisa brekele..

Yg lucu kalau setiap kali ngelipat risoles, bunda tuh bawel banget perkara lipat risoles, ukuran lipatannya sama semua (ga besar-kecil), Pffh..kadang gara-gara begini, diriku tega ngeliat bunda ngelipat risol sendirian sampai ratusan jumlahnya itu..diriku ngerjain kue lain aja..dan duduknya jauh2 dari bunda…=D

Tapi selalu,apapun masakannya, tetap diriku yang diminta mencicipi..senangnya…berarti bunda percaya indra pengecapku masih bisa berfungsi dengan baik..biasa bunda nurut aja kalau diriku bilang kurang ini dan atau itu, takarannya. Ujung-ujungnya, tiap ada acara keluarga, ntah arisan, nikahan..kalau Bunda ga ada, diriku yang diminta bantu masak ini-itu..kalaupun Bunda ada, tetap diriku juga yang diminta cicip-cicip masakan yang ada. Asik khan? Ketika orang lain menyentuhpun belum boleh, aku uda boleh makan..(kalau uda disuruh nyicip, ngambilnya langsung sepiring..^_^)

Kalau lebaran, waaah…dirumah rame..yang datang kerumah,tujuannya selain silahturrahim pasti mau makan, jadi suka lomba-lombaan siapa yang duluan datang kerumah, khawatir kehabisan lontong..sampai kata ipar-ipar dari para kakak sepupuku bilang..
“kalau lebaran ga makan lontong iie asan rasanya belum lebaran”

Keluarga ipar tanteku juga sering muji masakan Bunda..
“diantara semua, masakan mami si sarah yang paling enak”

Kakak2 sepupuku, tiap kali mau kerumah mertua dan atau calon mertua, mesti datang kerumah minta bunda yang buatkan kue buah tangan, ntah cake biasa, black forest, dll..

Mertua kakak sepupuku sampai lebih ngefans dengan bunda daripada dengan besannya..tiap tahun musti maunya kue buatan bunda..

Tetanggaa, teman, saudara..kalau hamil juga sering ngidam masakan bunda..
Alhamdulillah…^_^

Eh, tapi jangan salah, baik keluarga dari ayah atau bunda, keduanya jago-jago masak.. nenekku dari sebelah ayah, sampai di usia 70-an tahun ini, masih suka dijemput orang untuk masak nikahan,atau buat pesanan kue, tante-tante dari kelg.ayah masakannya juga enak-enak..kalau belajar masakan jawa biasa dari pihak keluarga ayah. Dan aku sukaaa…banget dengan masakan Jawa. Kalau dari keluarga bunda, karena chinesse, biasa masakan yang unik2, mereka juga jagonya buat berbagai macam cake, roti, pudding..masakan chinesse, terutama kakak ibuku yang nomor dua, kereeen..aku diajarkan buat berbagai macam cake dengan beliau..dari keluarga ibu ini ada yang punya usaha cake & bakery, restoran..kebetulan aku juga lama tinggal di lingkungan mereka, jadi banyak diajarkan “ilmu dapur” =D

Nah, terus dari kelg.ibu juga aku belajar masakan Aceh, tante dari pihak ibuku juga ada yang nikah dengan orang Aceh, dan mereka jago2 masak masakan Aceh..hmmm…aku suka..dalam 5 tahun ini aku diajarkan masak ikan keumamah (itu lho..ikan kayu, bisa ditumis atau di masak gulai, aku sukaaa..), gulai bebek masak putih, gulai ikan tongkol, daging masak merah, ikan masak asam keueung, dan terakhir kemarin masak kari kambing..Alhamdulillah..keluarga ayah bundaku mengajarkan banyak hal..mereka semua sayang padaku..^_^

Kembali ke Bunda..
Bunda itu juga suka makan biscuits, aku tuh suka nakal. Malas tepatnya nyusun biscuit di toples. Buka bungkusnya langsung tuang aja kayak tuang kacang ke toples. Finally siap-siap aja diomeli dan mengeluarkan kembali semua biscuits di toples untuk disusun yang teratur. Walaupun uda berkali-kali dan uda tahu bakal begitu, tetap aja diriku main tuang, sampai bunda bosen..jadi kalau uda diriku bawa pulang biscuits, sekarang beliau selalu bilang “taruh aja diatas toples biskuitsnya ga usah dibuka” =D

Perkara beli biscuits pun beliau selektif banget, banyak kali pesan-pesan sebagai berikutnya..”kalau yang merk ini..ini..ini…jangan beli..ga enak,buat apa dibeli kalau ga dimakan” begitu juga untuk jajanan lain di luar..maklumlah, bunda khan lama tinggal di Batam dan sering keluar, gudangnya makanan enak..

Perkara memasak dan makan-memakan, tak pernah lepas dari urusan cuci piring..
Kalau cuci piring itu, dari kecil bunda uda ngajarin..yang pertama di cuci adalah gelas lalu sendok/garpu/pisau, baru kemudian piring, panci, wajan..
Kenapa mencuci gelas dahulu?
Biar gelasnya ga bau amis..
(khan ada tuh gelas yang habis dicuci waktu kering buawwwuuuuuu banget)

Waktu ngebilas juga ga boleh “asal luntur sabun”
Kudu kesat, ga amis, ga bau dan licin sabun lagi dan ga berminyak…
(untung Bunda ga punya anak laki-laki, kalau ga bisa strez mungkin menantu perempuannya..^_^)

Tapi apapun itu, setiap kali menyampaikan sesuatu pada orang lain, biasanya bunda menggunakan bahasa penyampaian yang halus sekali..jadi yang dinasehati nrimo..Alhamdulillah..

Menjahit, menyulam..ngurus bunga..Pfhh..ga usah diceritakan…=D

Terus bunda tuh selalu jadi hero..taulah, anak2nya penakut, ini takut, itu takut, kecoalah,,cacing lah..ulatlah..limpan, kelabang, laba2..waaah…semua KO dengan bunda..=D
Kadang karena terlalu gemasnya dengan kami yang terlalu penakut, Bunda tuh sampai bilang..”dengan ini aja takut, ini hewan dengan kalian lebih besar mana, ini dipencet aja uda mati” (kalau ingat ini jadi ingin tertawa)

Mungkin, ada yang bunda “geli” tapi beliau berusaha mengalahkan rasa takut itu untuk kami..soalnya aku pernah ngerasa seperti itu, waktu aku mengajar di sekolah, ada salah seorang muridku yang minta diambilkan belalang yang besar warna kuning daun kering itu di pohon taman sekolah. Masalahnya adalah diantara semua serangga aku tuh paling anti dengan belalang, waktu itu aku sampai keringat dingin, mencoba memberanikan diri menggapai hewan menyeramkan itu..eeh..begitu tangan hampir menjangkau belalang itu,tiba-tiba belalangnya terbang dan menempel di pakaian salah seorang murid perempuan dan sang anak karena mungkin juga takut serta merta nangis sekencang-kencangnya..tuh belalang cuek aja tetap nempel..aku panic banget waktu itu..murid-murid laki2nya pada ikutan teriak..”ambil,bu..ambil,bu..sini buat nouval aja..jangan bu’..buat daffa aja..zidan juga mau,bu’..” setelah memberanikan diri memegang belalang yang menyeramkan itu (hampir kuremas di genggaman tuh belalang saking takutnya), selanjutnya yang terjadi adalah..SEMUA MURID LAKI-LAKI YANG SEMULA MERENGEK-RENGEK MINTA BELALANG ITU MALAH MENYEMBUNYIKAN TANGAN MEREKA KARENA GA BERANI MEGANG LANGSUNG..T_T

Ya, begitulah..kerapkali kita berusaha mengalahkan rasa takut untuk orang-orang yang kita sayangi..

Bundaku itu tak terlalu suka keluar rumah, kata beliau..”daripada duduk2 malah menggosipkan orang, mending dirumah aja” Saking seringnya bunda dirumah, ayah tuh kalau ga ngeliat Bunda semenit di rumah pasti ditanyain, padahal mungkin Bunda ke rumah tante di depan, kalau satu jam ga pulang bisa 10x ditanya..kami juga gitu sih..begitu masuk pintu rumah, bunda dulu yang kami Tanya..=D
Tapi parahnya, karena Bunda jarang keluar rumah, malah para tetangga yang nyamperin ke rumah membawa berita gosip2 itu..

Bundaku itu juga sering jadi tempat curhat para tetangga..(- -“)

Bunda itu juga sukaaaaaaaaa…banget memberi..kami dirumah Cuma berempat, malah lebih sering bertiga karena ayah sering di luar kota, tapi setiap masak musti porsi sekampung..(--“)
masak apa aja, musti sewajan atau sepanci..
“banyak kali masaknya,nda?”
“iya, ini untuk nenek, untuk bule’tatik, untuk nek war, untuk bunda miya, untuk tante sri, untuk kek wardi..”
“Ooo…” (memaklumi)

Terus habis ngantar-ngantar, bunda nyiapin piring lebih lagi..
“lho? Untuk siapa lagi,nda?”
“ini, untuk mak anik, ga enak tadi uda diliat”
“Oooo…(lagi)”

Makanya, dirumah juga suka kebanjiran makanan dari tetangga..untung sih, terutama pas bunda lagi ga dirumah, jadi ga perlu masak kami..=D

Kalau bunda masak sesuatu yang agak special, misalnya pesanan cateringan, musti para tetangga sering bilang..”nanti kalau ada lebih, minta dikit ya..” hehhehehhe..

Lalu, bunda juga sering masak khusus untuk seseorang, ntah tetangga..
Misalnya pas pulang belanja bawa ikan Bandeng..(kami kurang suka makan ikan bandeng, tulangnya itu lho..ga ketulungan banyaknya..)
“koq beli bandeng,nda?”
“iya, ini mau masak pindang untuk kek nono dan mami, katanya kemarin pingin dimasakin Pindang”
“Ooo…”

Atau pas mau kemanaaaaaaaa…aja…musti masak..minimal beli.
Mau ke rumah cici,
“besok kita masak nasi gurih aja ya, mau bawa untuk cici”
“Besok kita ke rumah iie bawa apa ya?”

Atau,
“mau beli lontong bule’sus dulu ini untuk cici”
“mau beli siomay dulu untuk iie aki”

Kalaupun ga sempat masak atau ga sempat beli, musti bawa bahan mentah dari rumah, ntah ikan, ntah buah..
“nanti masak di rumah iie aja”
(--“)

Bunda tuh kalau memberi untuk orang musti yang terbaik, kalau masakan ya musti yang baru dimasak, bukan yang telah dihangatkan..daging terbaik kalau dimasakan, ikan terbaik..kalau memberi kue, musti yang potongannya paling rapi, disusun dengan rapi..yang sompel-sompel biar untuk dirumah..pantang bagi Bunda memberi yang jelek untuk orang.
Kalau ada tamu yang datang atau menginap di Rumah, di service habis, makanya teman ayah, misalnya ke Batam atau ke Aceh, meski Cuma sebentar mesti mengusahakan mampir ke rumah. Banyak juga yang milih nginap di rumah daripada di hotel..=D

Kalau datang tamu ke rumah juga, semua makanan yang ada musti dikeluarin..

Masalah beri memberi ini kadang diriku sempat sebel juga..
Kadang kalau beli sesuatu, beberapa jam kemudian pasti uda habis,
“lho? Kuenya koq tinggal ini,nda?”
“iya, tadi dibagi untuk nenek dikit, untuk kakek dikit”
“Oooo…T_T”
(jadi Cuma bisa makan sekali dua kali, padahal sengaja beli agak banyak karena mau dimakan berkali2)
Beli pisang goreng pun bagi dua dengan tetangga..
“daripada mubazir ga ada yang makan”
“Ya ampun,nda..sa beli karena memang sa kepingin..T_T”
“paling makan 1-2 biji uda kenyang, terus uda dingin ga dimakan lagi, bagusan dibagi dengan tante, dirumahnya ga ada makanan”
“kalau dingin khan bisa digoreng lagi”
“ngapain buang-buang minyak”
T_T

Atau sering juga sebelum pergi bunda titip pesan,
“nanti kalau ada uang beli roti untuk nenek ya..”
“inggih..”

Bunda tuh kayak slogan Visite Banda Aceh 2011, “Peumulia jamee adat geutanyoe..” ^_^

Terus Bunda tuh sejak di Batam kemana-mana sepedaan..ke Pasar misalnya..Tapiiiiiiiiiiii…sekarang tante-tante yang di depan suka ngajakin Bunda sepeda santai..funbike..Bike to Housewife..(--“)

Terus bunda juga pemberani..hehhehe..bayangin aja kalau Bunda bisa manjat pohon kelapa..haduuh..Om diriku sampai kebat-kebit khawatir Bunda ketimpa buah kelapa, tapi dengan santainya Bunda bilang..”Tenang aja..”

Bunda juga lucu kali..sense of humors..hampir tiap hari ada aja kata-kata atau cerita beliau yang bikin kita ketawa..ntah pas nonton TV, ntah waktu cerita kejadian harian selama beliau di rumah (kami semua khan pergi pagi sore baru pulang, jadi 8jam itu bunda sendirian di rumah)

Kadang bunda tuh juga melakukan hal konyol yang bukan hanya kami yang tertawa tapi juga beliau jadi ketawa geli sendiri..=D

Beliau juga pengalisa kasus yang Okey, pintar matematika, logis walau sering juga melankolis..

Beliau juga mengajarkan dan mencontohkan adab berbicara yang santun, menggunakan bahasa dan berperilaku halus.

Alhamdulillah Bunda kalau sholat tepat waktu dan suka bawel kalau kami masih santai padahal uda adzan

Bunda itu sering banget ingat dengan sepupu2 atau ponakan dari para sepupuku..
“Baju ini pas ga ya untuk Nada?”
“ini untuk anak iie ita yang kecil muat ga ya?”
“si Rahmad mau ga pakai ini?”
“ini cocok ga untuk anak ci Zulfa yang tua?”
Dll…

Bunda juga ga suka ngerepotin orang lain, termasuk kami..jadi kalau mau kemana-mana Bunda sering sendiri atau ngajak tanteku..atau jika kami kelihatan lagi “lehe-lehe” baru Bunda ngajak atau menyampaikan rencana beliau..Bunda suka silahturrahim..

Akhir2 ini sepertinya Bunda sepertinya sering sepi..mungkin karena kami semua seharian diluar, makanya akhir2 ini diriku sering pulang siang…beliau lebih sering cerita tentang keseharian beliau di rumah, ada kejadian apa aja..lebih banyak cerita lucunya..^_^

Alhamdulillah..Bundaku disayang banyak orang.. barakallah..=)

Masih sangat..sangat..sangat..banyak sekali tentang Bundaku..bundaku yang cantik, bundaku yang baik, bundaku yang teliti,bundaku yang..yang..yang..pastinya, seperti aku, kamu juga punya banyak cerita luar biasa tentang betapa kerennya bundamu..=)

Ketika menulis ini aku hampir-hampir menangis..tiba-tiba teringat cerita tentang bundanya, Bunda seorang teman yang pastinya juga sangat luar biasa hingga mempunyai putra yang luar biasa seperti beliau..beliau yang dulu pernah berpesan kalau aku harus dapat melakukan dan memberikan yang terbaik untuk bundaku..semoga demikian pula atas bundanya..ditempatkan di sisi terbaik, di tempat paling indah, paling dekat denganNYA.Amin Allahumma Amin.


Monday, December 27, 2010 at 4:41pm

Tidak ada komentar: