Rabu, 16 Maret 2011

episode cha2...#5

Belajar dari cha2..

*ketika si kecil berbagi ilmunya dengan kita

(malu..^^)



Sahabat RasulullahRasulullah juga punya banyak sahabat.

Setiap sahabat memiliki kelebihan dan kekurangan.Bersama merekalah,Rasulullah berjuang menegakkan panji Islam.Jumlah sahabat Rasulullah sangat banyak lho,mi..Beberapa di antara mereka,ada yang sudah dijamin masuk Surga.Subhanallah...

*Angguk-angguk



Siapakah sahabat Rasulullah?

Yang disebut sahabat Rasulullah itu adalah orang yang hidup pada masa Rasulullah,mi..dan berjuang bersama Rasulullah,dan dia seorang muslim.

*Hmm..



Jumlah sahabat Rasulullah

Pada masa ibadah haji wada' (haji perpisahan,red),sekitar 140.000 kaum muslimin berkumpul.Tapi,hanya 4000 orang yang identitasnya diketahui hingga kini.Dan itu berarti,sebanyak itulah sahabat Rasulullah kata internet,mi..



Top ten sahabat yang pertama masuk agama Islam

Orang-orang yang pertama masuk Islam disebut As Sabiqunal Awwalun..

mereka adalah :

1. Siti Khadijah

2. Ali bin Abi Thalib

3. Zaid bin Haritsah

4. Abu Bakar Ash-Shiddiq

5. Bilal bin Rabbah

6. Khabbab bin Arats

7. Utsman bin Affan

8. Abdurrahman bin Auf

9. Thalhah bin Ubaidillah

10. Sa'ad bin Abi Waqqashsubhanallah..keren ya,mi..

* =)



Sahabat Rasulullah yang paling kaya

Abdurrahman bin Auf adalah sahabat Rasulullah yang terkenal sebagai pengusaha sukses yang kaya raya,mi.. Ketika tiba di Madinah,dia menolak bantuan dari kaum Anshar.Dia lebih senang ditunjukkan jalan ke pasar.Dia sangat pandai berdagang.Bahkan,ada yang mengatakan,sebongkah batu di tangan Abdurrahman bin Auf bisa berubah menjadi emas. Abdurrahman bin Auf juga sering meminjamkan uang kepada Rasulullah.Orang kaya lainnya adalah Zubair bin Awwam,mi..ketika meninggal,dia mewariskan uang sebesar 5 juta dinar..kata ayah itu 350 miliar rupiah,mi..

*mungkin dengan asumsi,jika 1 gram emas=70 ribu rupiah..(ikut berhitung)



Sahabat Rasulullah yang paling ganteng

Tahukah mi selain keturunan bangsawan,Mush'ab itu pemuda yang ganteng kata bu'guru..Hampir semua perempuan Makkah ngecengin Mush'ab.Kalau mau,Mush'ab bisa mendapatkan perempuan-perempuan cantik yang dia sukai.Tetapi, Mush'ab tidak menyukai kehidupan glamor penduduk Makkah. Mush'ab lebih senang bergabung dengan umat Islam..Semoga nanti d'daffa jadi seperti Mush'ab ya,mi..Amin.

* =D Amin..



Sahabat yang paling mirip Rasulullah

Rasulullah pernah berkata kepada Ja'far bin Abi Thalib,"Engkau sangat mirip denganku dalam akhlak dan rupa."

*hmm..sepertinya pernah baca juga..



Sahabat yang selalu meniru tingkah laku Rasulullah

Kata p'guru,Ibnu Mas'ud senang memakai pakaian,wewangian,dan berdandan mirip Rasulullah.Karena mirip,sampai pernah disangka Rasulullah oleh seorang utusan dari luar kota,mi..

*0o..baru tau..



Sahabat paling muda yang berhijrah ke Abisinia

Zubair bin Awwam.Saat itu usianya baru 12 tahun

*Abisinia=Etiopia



Sahabat wanita Islam pertama yang gugur

Sumayyah,ibunya Amar bin Yasir,meninggal karena disiksa Abu Jahal,mi..='(

* ='(



Sahabat yang paling miskin saat meninggal

Hidup Abu Dzar sangat miskin,mi..Pakaian yang dipakainya juga sangat sederhana.Ketika meninggal,harta peninggalannya tidak cukup untuk membeli kain kafan.

* jadi ingin menangis



Sahabat Rasulullah yang buta

1. Abdullah bin Ummi Maktum

2. Abu Ahmad, seorang penyair,menantu Abu Sufyan

3. Abu Quhafah, ayah Abu Bakar Ash-Shiddiq

4. Al-Aswad Al-Muthalib

penyair itu apa,mi?Menantu itu apa,mi?

*Hm..baru tau ini..Penyair? (jadi ingat salah satu penulis HSM)



Sahabat Rasulullah yang paling kuat

Pada perang Khaibar,mi..tentara muslim tidak dapat masuk ke benteng orang-orang Yahudi.Setelah lama,Ali bin Abi Thalib berhasil membongkar&mengangkat pintu benteng yang sangat berat itu.Akhirnya,tentara muslim berhasil masuk dan menundukkan tentara Yahudi.

*Perang Khaibar = 4 H



Sahabat Rasulullah dari kalangan muslimah pertama yang ikut berperang.

Ini mi,cha baca di buku ini..Putra Nusaibah meninggal sehabis ditawan dan disiksa oleh pasukan Quraisy.Terus Nusaibah meminta izin kepada Rasulullah biar dibolehkan ikut berperang.Akhirnya,Nusaibah diizinkan ikut saat Perang Uhud pada 3 Hijriah atau 625 Masehi.Pada perang ini,dia terkena tombak panah dan pedang,mi..di tubuhnya terdapat dua belas luka.

*hm,bahkan aku belum baca buku cerita bergambar setebal hanya 23 halaman itu..='(



Sahabat Rasulullah yang mengalami luka paling banyak

Ja'far bin Abi Thalib syahid mi di Perang Mu'tah di Syiria (8 H).Dia wafat akibat luka-luka di tubuhnya yang berjumlah lebih dari enam puluh.Pada perang Uhud,Anas bin Nadar juga meninggal dengan luka yang sangat banyak.Pada saat perang ini,tersebar bahwa Rasulullah gugur.Tentara muslim langsung kehilangan semangat.Tapi tidak dgn Anas.Dia maju terus ke Medan pertempuran dan meninggal dengan lebih dari 80 luka(sambil menyodorkan buku cerita tersebut)

*Buku cerita bergambar yang sama seri berbeda



Sahabat yang terakhir melihat Rasulullah

Ketika jasad Rasulullah dikuburkan,Mughirah bin Syu'bah sengaja menjatuhkan cincinnya ke liang lahat.Dengan alasan ingin mengambil cincinnya yang jatuh tersebut.Mughirah turun lagi ke liang lahat.Saat itulah,dia melihat dan menyentuh tubuh Rasulullah untuk yang terakhir kali.





*Banyak waktu dihabiskan untuk browsing,menulis,menonton berita,membaca banyak buku,novel,dlltapi kadang menganggap'sepele'buku cerita anak yang full colour&gambar,namun nyatanya lebih 'berisi' dgn bahasa yang mudah diingat..Jazakillah cha2..telah berbagi ilmu,mengenal Rasulullah lebih dalam.. =')

Tidak ada komentar: